Monday, January 6, 2014

TIPS & TRIK: Kiat Aman Berkendara Saat Hujan

 

Di cuaca yang semakin sering turun hujan ini membuat banyaknya kecelakaan lalu lintas yang di karenakan jalan licin dan ketidak siapa para pengendara dalam berkendara pada saat hujan turun.
Yang perlu anda ketahui pada saat lintasan basah atau hujan, maka jarak pengereman manjadi  lebih panjang  dari pada keadaan jalan kering.Untuk menghindari  kejadian yang tidak kita inginkan terjadi, Bang Solbil akan membrikan Tips agar aman untuk berkendara pada saat jalan basah ataupun hujan.

Berikut langkah tips untuk mengurangi risiko kecelakaan mengemudi di saat hujan.
1.Periksa tekanan ban . Ban yang kelebihan angin menyebabkan aquaplaning (ban kehilangan cengkraman karena lapisan air), dan handling yang tak terduga.
2.Periksa tapak ban. Ban yang aus akan menambah jarak pengereman secara signifikan.
3.Kecepatan rendah lebih rendah dibanding saat mengemudi normal dan jaga jarak aman dengan mobil di depan.
4.Bila kemudi mulai tidak responsif, ini pertanda mungkin Anda melaju terlalu cepat untuk kondisi tapak ban saat itu. turunkan kecepatan segera.
5.Pastikan pembersih kaca depan cukup dan pastikan karet wiper anda berfungsi sempurna untuk dapat menyemprot air kotor dari mobil didepan yang akan mengotori kaca dan  mengganggu daya pandang Anda.
6.Hindari Genangan Air Dijalan. Musim hujan sering membuat genangan air yang membuat permukaan jalan
sesungguhnya tidak diketahui, apakah berlubang dalam atau tidak, perlu disadari juga genangan air dapat terjadi karena ada permukaan yang tidak rata pada jalanan. Jika menemukan genangan air sebaiknya dihindari, terlebih jika SO mania tidak mengenali kondisi jalanan tersebut. Karena akan fatal akibatnya jika dibalik genangan air tersebut terdapat sebuah lubang yang besar dan dalam atau bahkan itu adalah sebuah got / salran air lainnya.
Cara Melakukan Pengereman
Dikarenakan saat hujan permukaan jalan akan lebih licin, maka cara pengereman pun harus dirubah agar mobil tidak tergelincir. Hindari pengereman secara mendadak, gunakan bantuan engine brake untuk mengurangi laju mobil. Tekanlah pedal rem dengan perlahan agar mobil berhenti lebih aman sehingga terhindar dari ban kehilangan traksi, jadi pastikan rem dan ban mobil juga dalam kondisi baik.

Ari Prasetyo
*Diambil dari Dokumen file Jac-Q Club

No comments:

Post a Comment